5 Artis Ternama Indonesia Yang Karyanya Telah Mendunia – Indonesia telah melahirkan beberapa seniman besar yang kecemerlangan karya-karyanya bersifat domestik. Meski begitu, hasil karya seniman Indonesia sudah melegenda dan diakui dunia. Beberapa lukisan bahkan dipajang di museum seni di luar negeri.

5 Artis Ternama Indonesia Yang Karyanya Telah Mendunia

divakaraoke.co.id – Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang masih bisa melihat dan mengapresiasi karyanya. Berikut lima seniman terkenal Indonesia yang karya-karyanya telah melegenda.

Baca Juga : 8 Skuad Selebriti Dan Sosialita Terpanas Indonesia

1. Affandi

Affandi Koesoema atau biasa disapa Affandi adalah pelukis legendaris Indonesia. Popularitasnya terbatas di dalam negeri dan juga telah dikenal hingga mancanegara. Bahkan ada yang menyebut Affandi sebagai pelukis Indonesia paling terkenal di dunia. Affandi memiliki karakter yang khas pada genre abstrak atau ekspresionisme.

Semasa hidupnya, Affandi sangat produktif dalam menciptakan sebuah karya. Ia telah menciptakan kurang lebih 2000 lukisan. Beberapa karyanya dipamerkan di seluruh dunia. Meski memiliki prestasi gemilang dan diakui dunia, Affandi tak serta merta menjadi sombong.

Pria kelahiran 1907 ini dikenal rendah hati. Affandi bahkan tak segan menyebut dirinya “cat kerbau”. Hal itu dilakukan karena ia merasa sebagai pelukis yang bodoh dan masih harus banyak belajar.

2. Raden Syarif

Raden Saleh Sharif Boestaman atau lebih dikenal dengan Raden Syarif atau Raden Saleh adalah seorang pelukis terkenal dari Indonesia. Lukisannya dikenal luas secara internasional. Raden Syarif memiliki jaringan pertemanan yang luas karena beliau luwes dan ramah dalam bersosialisasi.

Hal tersebut membuatnya memiliki banyak kenalan, terutama di negara-negara Eropa, Rusia, Belanda, Inggris, dan Austria. Bahkan nama Raden Syarif dihormati dan diapresiasi oleh para bangsawan dan keluarga kerajaan Inggris.

Lukisan asli Raden Syarif digunakan untuk merancang ilustrasi beberapa benda berharga negara, seperti seri perangko Raden Saleh. Pada perangko tersebut terdapat gambar yang dibuat oleh Raden Saleh berupa foto dua binatang buas yang sedang berkelahi.

Raden Saleh juga mengharumkan nama Indonesia karena ia satu-satunya seniman Indonesia yang dipamerkan di museum-museum besar, seperti di Amsterdam, Belanda (Rijksmuseum), dan Pari, Perancis (Louvre).

Raden Saleh lahir pada tahun 1807 dan meninggal pada tahun 1880. Raden Saleh berasal dari keluarga bangsawan dan memiliki keturunan Jawa-Arab. Minat dan bakatnya dalam melukis mulai terlihat saat ia bersekolah di Sekolah Rakyat.

Raden Saleh menjadi salah satu pelukis yang menjadi pelopor seni rupa modern di Indonesia yang masih bernama Hindia Belanda. Lukisan-lukisan yang ia buat sarat dengan budaya Jawa yang menjadi latar belakangnya, dipadukan dengan sentuhan romantisme yang kala itu terutama di benua Eropa.

3. Bayu Santoso

Bayu Santoso adalah salah satu nama yang cukup membanggakan nama Indonesia. Pria kelahiran 16 September 1994 ini sukses menjuarai kompetisi desain cover album band ternama asal Amerika Serikat, Maroon 5.

Dalam kompetisi tersebut, Bayu mengalahkan banyak artis dari berbagai dunia, bahkan beberapa di antaranya memiliki reputasi yang cukup baik. Padahal sebelumnya, Bayu Santoso tidak berlatar belakang sebagai seniman. Bayu hanyalah siswa biasa.

Ketertarikannya mengikuti kompetisi lebih karena menyukai band dan pengalamannya. Maka tak heran jika Bayu sangat terkejut saat diumumkan sebagai pemenang. Apalagi desain yang dibuatnya dibuat dalam waktu yang mepet. Rencana Bayu memang unik. Mungkin juga bisa dikatakan berani.

Pria kelahiran Yogyakarta ini mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Sejak kuliah di sana, kemampuan Bayu membuat desain semakin terasa. Bayu juga semakin sering mengikuti kompetisi desain.

Bayu terus menekuni bidang desain dan terus berkarya. Baginya, ini adalah bakat dan minatnya. Meski para desainer belum sepenuhnya mendapat apresiasi yang layak, khususnya di Indonesia, Bayu tetap optimistis seiring berjalannya waktu hal ini akan berubah.

4. I Nyoman Nuarta

I Nyoman Nuarta merupakan seorang pematung Bali yang karyanya diakui dunia. Namanya menjadi salah satu yang sangat populer di Indonesia dalam hal seni pahat.

Sepanjang karirnya, I Nyoman sangat produktif dalam menciptakan karya. Tercatat ia telah membuat ratusan patung patung raksasa. Salah satu karyanya yang dikenal luas adalah patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Patung raksasa ini memiliki bentuk dan ukiran yang indah sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Namanya cukup dikenal di dunia internasional karena cukup rajin mengikuti berbagai pameran seni rupa di mancanegara. Kecintaan I Nyoman Nuarta terhadap seni antara lain karena pengaruh pamannya, yaitu Ketut Dharma Susila. Pamannya, seorang guru seni, mendidik dan mengajar I Nyoman Nuarta untuk menguasai berbagai keterampilan di bidang seni. Setelah lulus SMA, I Nyoman Nuarta memilih jurusan seni rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Hal itu ia lakukan agar bakatnya di bidang seni bisa semakin terasah.

I Nyoman Nuarta telah membangun sebuah taman patung bernama NuArt Sculpture Park. Nuarta membangun taman tersebut di kota Bandung, tempat tinggalnya sekarang. Taman ini memiliki berbagai jenis dan bentuk patung dengan ukuran yang berbeda-beda. Area taman seluas tiga hektar adalah tempat orang menikmati dan mengagumi patung-patung itu.

5. Darbotz

Darbotz adalah salah satu seniman muda Indonesia yang karyanya cukup mendunia. Darbotz sendiri bukanlah nama sebenarnya melainkan hanya nama panggilan atau nickname saja. Durbots dikenal sebagai pelukis seni mural dengan kepribadian yang unik.

Seni mural masih dianggap seni yang buruk karena mencemari kota. Namun, dengan sentuhan ala Darbotz, seni muralnya memiliki kualitas tersendiri untuk diapresiasi banyak orang. Ia juga telah menunjukkan keahliannya dengan membuat mural di berbagai negara, antara lain Singapura, Filipina, Australia, dan Hong Kong. Karya moralnya juga dipamerkan di negara-negara Eropa.

Sebuah perusahaan sepatu Amerika yang terkenal tertarik dengan pekerjaannya dan menawarinya pekerjaan. Kolaborasi itu sukses besar. Koleksi sepatu Darbotz cukup laris di pasaran, terutama di Brazil dan Jepang. Seni mural tidak lepas dari identitas kota. Lukisan di dinding rumah, kantor, atau hotel adalah dekorasi kota dan ekspresi kehidupan masyarakat.

Bagi pembuat mural, lukisan yang dibuatnya merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan dirinya sekaligus mengungkapkan perasaannya terhadap kota tersebut. Bahkan ada yang menggunakan mural untuk kritik sosial baik masyarakat maupun pemerintah. Ini termasuk Darbotz. Mural Darbotz menarik untuk dilihat dan memiliki makna tersirat di dalamnya.

Karya-karya Darbotz bisa kita temukan di berbagai sudut Jakarta. Hasil karya Darbotz juga cukup sering masuk ke galeri seni, bahkan karena keunikannya. Karya-karyanya juga tersebar ke berbagai negara. Beberapa di antaranya merupakan koleksi salah satu galeri ternama di Singapura, yaitu Mizuma Gallery.