Karir Dan Prestasi Once Mekel – Elfonda Mekel atau biasa di panggil Once Mekel adalah seorang vokalis yang mempunyai suara merdu. Pria berambut gondrong kelahiran Makasar 21 Mei 1970 merupakan mantan vokalis dari group band Dewa. Once direkrut Ahmad Dhani yang merupakan pentolan dari group tersebut untuk menggantikan Ari Lasso yang saat itu tersandung masalah penggunaan obat terlarang.

Sejak lulus SMA Once telah bermain band. Bahkan bandnya sering tampil mengiringi penyanyi profesional seperti Lita Purnamasari. Once yang juga alumni Universitas Indonesia dari Fakultas Hukum. Pernah menjadi backing vocal di Lagu Ahmad dhani yang berjudul Kuldesak dan Bidadari. Saat kuliah Once juga sempat membentuk band bersama Andy Liany, Ronald dan Pay dalam band yang bernama Fargat 27. Once juga pernah bernyanyi solo dengan lagu berjudul Juwita Pandang dan Anggun. Namun sayang karirnya saat itu kurang populer.

Tahun 2000 Once resmi menjadi vokalis dari band yang di ketuai Ahmad Dhani menggantikan Ari Lasso. Saat once masuk nama group juga dirubah, dari Dewa 19 menjadi Dewa. Album Bintang Lima merupakan album pertama Dewa dengan Once sebagai vokalisnya. Album ini meledak di pasaran hingga terjual jutaan copy, lagu lagu andalannya antara lain Roman Picisan, Dua Sejoli dan Risalah hati. Dengan bergabungnya Once ke dalam group band Dewa seacara otomatis merubah warna musik Dewa. Meski begitu para fans tetap bisa menerima warna baru dari musik Dewa. Terbukti dengan dikeluarkannya album-album Dewa selanjutnya. Seperti Cintailah Cinta, Laskar Cinta dan republik Cinta.

Karena perbedaan selera musik antara Once dan Ahmad Dhani akhirnya tahun 2011, setalah 11 tahun bergabung dengan Dewa. Once memutuskan untuk keluar dari group yang telah membesarkan namanya. Setahun setelah keluar dari Dewa Once merilis album yang berjudul Once (2012). Pada album ini Once menambahkan single solonyaa saat dirinya masih bergabung dalam group musik Dewa, seperti Dealova dan Ku Cinta Kau Apa Adanya. Lalu pada tahun 2015 Once kembali merilis album berjudul Intrisik. Di album kedua ini Once menampilkan 10 lagu baru, serta 2 lagu lama yang diarransemnet ulang. Salah satunya adalah lagu Dealova dalam versi akustik.

Karir dan Prestasi Once Mekel

Tidak hanya sibuk membuat lagu untuk albumnya sendiri. Sejak keluar dari Dewa Once juga mencoba peruntungan dengan menjadi produser musik. Untuk proyek pertamanya Once memproduseri Band pendatang baru yaitu Moveno. Yang beranggotakan Erick Irsan sebagai vocal, Anggun pada drum dan Ade pada gitar. Selanjutnya Once memproduseri group band keluarga yaitu Kanda Brothers.

Meski karir solo Once tidak seterang seperti saat bergabung bersama Dewa. Namun sepanjang karir bermusiknya once meraih banyak penghargaan. Diantaranya AMI Awards 2006 kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik, AMI Award 2006 kategori Lagu Pop, AMI Award 2013 kategori Produser Rekaman Terbaik, AMI Awards 2020 kategori Artis Solo Rock Terbaik. Majalah rolling Stone juga masukan Once ke dalam 50 Greatest Indonesia Singer.

Pada bulan Januari 2022 Once juga merilis Human Race, lagu barunya yang berkolaborasi dengan musisi internasional. Human Race yang hadir dalam bentuk NFT adalah lagu kampanye perubahan iklim. Dalam lagu ini Once akan berkolaborasi dengan Jeff Scott Soto dari Amerika,Dino Jelusic dari kroasia, Derek Sherinian, Billy Sheenan dan Simon Philips . Proyek ini akan di beri nama Dream Team Project.