Komika Jebolan SUCI Yang Kini Jadi AktorStand up Comedy atau komedi tunggal adalah jenis komedi yang dibawakan oleh seorang pelawak secara tunggal di atas panggung dengan cara bermonolog. Stand up comedy mulai terkenal di masyarakat luas sejak diadakannya kompetsi pencarian bakat di berbagai stasiun televisi. Para jebolan ajang pencarian bakat ini biasa disebut dengan istilah komika.

Seiring waktu para komika ini menjadi semakin dikenal oleh masyarakat. Wajah-wajah mereka kerap tampil menghiasi layar televisi. Meski berasal dari ajang pencarian bakat yang bertema komedi, banyak dari para komika melebarkan sayap ke dunia hiburan dan menjadi pemain film. Berikut adalah para komika yang berubah menjadi aktor.

1. Babe cabita
Priya Prayoga Pratama Tanjung atau yang lebih akrab disapa Babe Cabita, adalah peraih juara pertama pada kompetisi Stand Up Comedy Imdonesia musim ke 3 yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi Indonesia. Pria gempal berambut kriting kelahiran 5 Juni 1989 yang terkenal dengan tag line “aah sudahlah…”. Memulai karirnya sejak 2013 dengan mengikuti kompetisi Stand Up Indonesia atau SUCI dan berhasil mengalahkan Fico Fachriza. Kesuksesannya menjadi komika membawa babe memasuki dunia seni peran yang ternyata membuatnya lebih nyaman. Banyak film yang telah dibintannginya sepeerti Comic 8, Rafathar, Sesuai Aplikasi. Berperan dibanyak film membuat Babe berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesia Box Office Movie Awards 2016, di nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

2. Arie Kriting
Sama seperti Babe Cabita, Striaddin Maharinga Djongki atau yang biasa dikenal dengan nama Arie Kriting, juga merupakan jebolan SUCI musim ke 3. Komika kelahiran 13 April 1985 asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini berhasil mearih juara ke tiga. Selain menjadi komedian Arie Kriting juga melebarkan sayapnya di dunia seni peran. Karirnya dalam berakting juga bisa dibilang cukup sukses. Terbukti dengan diraihnya penghargaan Pemeran Pendukung Pria Favorit di Usmar Ismail Awards 2017, saat dia berperan sebagai Pedro di film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara. Sama seperti Babe, arie juga ikut berperan dalam film Comic 8.

Ge Pamungkas

3. Ge Pamungkas
Genrifinandi Pamungkas atau yang lebih dikenal dengan nama Ge Pamungkas adalah peraih juara pertama pada ajang SUCI musim ke 2. Ge terkenal dengan act out-nya yang totalitas. Selain itu Ge juga dikenal mampu menirukan dan memeperagakan berbagai karakter hingga diberi julukan seribu suara oleh beberapa orang. Ge memulai karirnya berakting tahun 2014 di film Comic 8, bersama komika lain seperti Kemal Pahlevi, Fico Fachriza, Mongol Stres. Dan sederet bintang besar seperti Nirina, Boy William dan Indro Warkop Selain Comic 8 Ge juga bermain dalam sejumlah film seperti Marmut Merah Jambu, Susah sinyal, Negeri Van Oranje.

Baca juga : Karir, Bisnis Dan Perjalanan Cinta Titi Kamal

4. Dodit Mulyanto
Dodit Wahyudi Mulyanto alias Dodit Mulyanto, adalah komik berikutnya yang juga ikut terjun di dunia seni peran. Meski tidak mendapat gelar juara pada ajang SUCI musim ke 4, pria kelahiran Blitar 30 Juni 1985 yang memiliki ciri khasnya sebagai pria Jawa yang memegang erat budaya Eropa ini mempunyai karir yangcukup cemerlang. Dibanding dengan Dzawin Nur Ikram sebagai pemenang ketiga dan David Nurbiyanto yang meraih gelar juara pertama. Terbukti dengan banyaknya tawaran film yang iya terima setelah keluuar dari SUCI. Bahkan dodit juga ikut mebuat lagu untuk soundtrack film Cinta Itu Buta yang diperankannya bersama Shandy Aulia.