Mengenal Mongol Stres Komika Sekaligus AktorRony Imanuel yang lebih dikenal dengan nama Mongol Sters adalah komika dan seorang aktor. Pria yang lahir di Manado pada 27 September 1978 ini mengaku dibesarkan oleh neneknya, karena ibunya meninggal saat dia mau menginjak usia 4 tahun.

Sebelum menjadi publik figur seperti sekarang, mongol mengaku pernah hidup dalam kesusahan. Mongol pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta pada tahun1998 saat dia masih remaja untuk mengikuti sekolah pendeta, namun ternyata tertipu. Sehingga dia harus hidup luntang lantung di Jakarta. banyak pekerjaan ia lakoni agar bisa bertahan hidup di Jakarta, mulai dari tukang koran, pramusaji restoran padang, membabantu di warung pecel lele. Mongol juga pernah menjadi asisten pribadi Dirly Idol selama dua bulan, karena dirinya masuk penjara. Mongol mendekam di Rumah Tahanan kelas II Cipinang klarena kasus perjudian selama beberapa bulan.

Saat sedang nongkrong di sebuah cafe di kawasan Kemang , seorang teman mencantumkan namanya sebagai peserta dalam acara Open Mic. Tanpa disangka orang-orang menyukai lawakan yang dia bawakan. Sejak itu dia memulai karir stand Upnya. Namanya semakin terkenal saat berada menajdi komika di stand up show yang diselenggarakan salah satu stasiun televisi. Dan kehidupan Mongol juga mulai membaik. Karir mongol di dunia stand up cukup memuaskan. Terbukti dengan banyaknya pihak-pihak yang mengundangnya untuk berstad up baik on air maupun off air. Mongol juga merupakan komika dengan bayaran paling mahal. Monggol pernah menerima bayaran sebesar 210 juta saat berstand up. Mongol juga dikenal sebagai komika paling berani, hal itu karena dia merupakan satu-satunya komika di Indonesia yang berstand up di acara orang meninggal.

Komika

Sukses sebagai komedian tidak mengurangi minatnya untuk terus melebarkan sayap di dunia hiburan. Mongol memulai karir aktingnyadi film Mursala pada tahun 2013. Sederet film yang telah ia bintangi diantaranya, Finding Srimulat, lamaran, Comic 8, Remeber When, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1, Warisan olga dan masih banyak lagi. Selain Film layar lebar Mongol juga berperan dalam sinetron. Sinetron yang di perankannya antara lain Naik Enak Turun Ogah, ABG Jadi Manten dan Emak Ijah Pingin Ke Mekah.

Pria yang kerap meletakkan kacamata di kepalanya ini sempat menjadi sorotan publik karena pernyataaanya, bahwa dirinya pernah menjadi bagian dari sekte pemuja setan atau satanic Indonesia. Bahkan dibeberapa podcast dirinya mengaku bahwa saat masih menjadi anggota satanic Indonesia, dirinya mempunyai posisi yang penting di organisasi itu. namun akhirnya Mongol memutuskan keluar dari sekte itu. dia memilih untuk bertaubat setelah dia menemukan kalimat ifyou die, you will not go to heaven but to hell yang artinya adalah jika kamu mati kamu tidak akan pergi ke surga , tetapi pergi ke neraka.

Baca juga : Komika Jebolan SUCI Yang Kini Jadi Aktor

Selain kontoversi mengenai dirinya yang pernah menjadi anggota sekte pemuja setan. Mongol juga menjadi sorotan saat dituding melakukan penyebaran informasi yang sesat. Hal itu berawal dari podcast Deddy Corbuzier yang berjudul ‘Kenapa Orang gila Kebal Covid? Mongol Is Here’ yang diunggah di chanel You Tube Deddy Corbuzier. Dimana dalam podcast itu mereka menyebut ‘orang gila’ bukan menggunakan ‘orang dengan gangguan jiwa’. Yang akhirnya video itu di take down setelah mendapat somasi dari beberapa organisasi. Diantaranya Perhinpunan Jiwa Sehat dan organisasi penyandang disabilitas.