Tidak Semua Artis Bisa DitiruMengulik kehidupan artis memang hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Adanya media sosial juga semakin memudahkan masyarakat untuk mencari tahu tentang kehidupan artis yang menjadi idola mereka. Para artis yang selalu tampil dengan penampilan sempurna tak jarang membuat masyarakat lupa, bahwa artis juga manusia biasa. Banyak masyarakat, terutama generasi muda yang hanya dengan melihat atitude artis yang baik di layar televisi atau di akun media sosial artis tersebut, lalu membuat kesimpulan bahwa perilaku artis itu di kehidupan sehari-harinya juga baik. Sehingga banyak generasi muda yang menjadikan artis sebagai panutan mereka. mereka lupa, bahwa apa yang para artis ini tampilkan adalah untuk memenuhi tuntutan industri hiburan.

Dalam kehidupan nyata, sebenarnya perilaku artis sama dengan perilaku masyarakat pada umumnya. Mereka juga pernah melakukan kesalahan seperti yang diilakukan masyarakat pada umumnya. Misalnya penyalah gunanaan obat terlarang seperti yang dilakukan oleh Anji. Atau kasus prostitusi yang menjerat artis Cassandra Angelie. Dan masih banyak lagi perilaku artis yang sebenarnya tidak layak untuk di contoh, namun tidak terangkat ke permukaan. Tetapi kita juga tidakl boleh memukul rata bahwa semua kehidupan nyata artis itu tidak baik. Ada juga artis yang di kehidupan nyata perperilaku positif.

Cassandra Angelie

Meski begitu bukan berarti menjadikan artis sebagai panutan adalah hal yang salah. Ada beberapa aspek kehidupan dari artis tersebut yang bisa kita contoh. Misalnya kita bisa meniru semangat para artis dalam menuntut ilmu. Seperti Maudy Ayunda yang tetap mengedepankan pendidikan dengan menjalani program S2. Cinta Laura yang bisa meraih IPK 3,9 pada dua jurusan yaitu Psikologi dan Sastra Jerman saat berkuliah di Columbia University. Atau dalam bidang usah kita bisa mencontoh artis-artis yang sukse melakuakn bisnis hingga bisa mempunyai perusahaan sendiri. Seperti Ruben Onsu yang berhasil mendirikan PT. Onsu Pangan Perkasa. Nagita Slavina yang merupakan founder sekaligus CEO RANS Entertainment. Atau Dian Sastro Wardoyo yang mendirikan usaha startup bertema sosial yaitu ruangguru.com yang ada di 33 provinsi di Indonesia.

Karena itu kita perlu bijak dalam memilih perilaku artis yang sepertiapa yang bisa dijadikan sebagai panutan mereka. Baiknya generasi muda ini tidak hanya meniru gaya berpenampilan para artis yang selalu terlihat sempurna. Atau gaya hidup mereka yang terlihat mewah, seperti yang tersaji pada akun media sosial atau layar televisi. Ada baiknya kita mencontoh aspek kehidupan yang lain dari para artis tersebut. Seperti semangat mereka dalam meraih prestasi. Atau kerja keras mereka dalam mendirikan usaha.

Baca juga : Mengenal Mongol Stres Komika Sekaligus Aktor

Oleh sebab itu perlu juga adanya pendampingan dari orang tua, dalam memantau apa yang sedang sedang diidolakan oleh anak mereka. Sehingga orang tua bisa memberi arahan kepada anak mereka. Hal-hal apa saja yang boleh dijadikan contoh dari artis idola mereka dan hal-hal apa saja yang tidak boleh dijadikan contoh oleh mereka. Jangan sampai para generasi muda ini mengidolakan para artis, lalu mencontoh apa saja yang para artis ini lakukan tanpa disaring. Karena pengidolaan yang kebablasan tanpa adanya kontrol akan membawa dampak yang buruk pada orang yang mengidolakan. Misalnya agar bisa berpenampilan seperti artis yang menjadi idolanya. mereka rela melakukan apa saja, seperti melakukan tindakan kriminal. Agar bisa mendapat uang untuk membeli barang yang sama seperti artis yang menjadi idola mereka. Sehingga membuat mereka di penjara karena tindakannya.